Halaman

Kamis, 06 Januari 2011

ABU ABDILLAH MUHAMMAD BIN AHMAD ADZ-DZAHABI

NAMA DAN NASABNYA

Nama lengkapnya Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz bin Abdullah adz-Dzahabi al-Fariqi. Beliau berasal dari negara Turkumanistan, dan maula Bani Tamim.

KELAHIRANNYA

Beliau dilahirkan pada tahun 673 H di Mayyafariqin Diyar Bakr. Beliau dikenal dengan kekuatan hafalan, kecerdasan, kewaraan, kezuhudan, kelurusan akidah dan kefasihan lisannya.



GURU-GURUNYA

Beliau menuntut ilmu sejak usia dini, dan ketika berusia 18 tahun menekankan perhatian pada dua bidang ilmu; Ilmu-ilmu al-Qur’an dan Hadits Nabawi. Beliau menempuh perjalanan yang jauh dalam mencari ilmu, ke Syam, Mesir dan Hijaz (Makkah dan Madinah). Beliau mengambil ilmu dari para ulama di negeri-negeri tersebut. Diantara para ulama yang menjadi guru-guru beliau adalah:

1. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, yang beliau letakkan namannya paling awal di deretan guru-guru yang memberikan ijazah pada beliau dalam kitabnya, Mu’jam asy-Syuyukh. Beliau begitu mengagumi Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dengan mengatakan, “Dia lebih agung, jika aku yang menyifatinya. Seandainya aku bersumpah di antara rukun dan maqam, maka sungguh aku akan bersumpah bahwa mataku belum pernah melihat yang semisalnya. Tidak –demi Allah–, bahkan beliau sendiri belum pernah melihat yang semisalnya dalam hal keilmuan.” {Radd al-Wafir (hal. 35)}

2. Al-Hafizh Jamaluddin Yusuf bin Abdurrahman al-Mizzi, yang dikatakan oleh beliau, “Beliau adalah sandaran kami jika kami menemui masalah-masalah yang musykil.” {Ad-Durar al-Kaminah (V:235)}

3. Al-Hafizh Alamuddin Abdul Qasim bin Muhammad al-Birzali, yang menyemangati beliau dalam belajar ilmu Hadits. Beliau mengatakan tentangnya, “Beliaulah yang menjadikanku mencintai ilmu Hadits.” {Ad-Durar al-Kaminah (III:323)}

Ketiga ulama diatas adalah yang banyak memberikan pengaruh terhadap kepribadian beliau. Adapun guru-guru beliau yang lainnya adalah Umar bin Qawwas, Ahmad bin Hibatullah bin Asakir, Yusuf bin Ahmad al-Ghasuli, Abdul Khaliq bin Ulwan, Zainab binti Umar bin Kindi, al-Abuqi, Isa bin Abdul Mun’im bin Syihab, Ibnu Daqiq al-Ied, Abu Muhammad ad-Dimyathi, Abu al-Abbas azh-Zhahiri, Ali bin Ahmad al-Gharrafi, Yahya bin Ahmad ash-Shawwaf, at-Tauzari, masih banyak lagi yang lainnya.

Imam adz-Dzahabi memiliki Mu’jam asy-Syuyukh (Daftar Guru-Guru –ed.) beliau yang jumlahnya mencapai 3000-an orang. {Adz-Dzahabi wa Manhajuh fi Kitabih, Tarikh al-Islam}

MURID-MURIDNYA

Diantara murid beliau adalah Tajuddin as-Subki, Muhammad bin Ali al-Husaini, al-Hafizh Ibnu Katsir, al-Hafizh Ibnu Rajab, dan masih banyak lagi selain mereka.

PUJIAN PARA ULAMA KEPADA BELIAU

Imam Ibnu Nashruddin ad-Dimasyqi berkata, “Beliau adalah ayat (tanda kebesaran Allah –ed.) dalam ilmu rijal, sandaran dalam jarh wa ta’dil (ilmu kritik hadits –ed.) lantaran mengetahui cabang dan pokoknya, imam dalam qiraat, faqih dalam pemikiran, sangat paham dengan mazhab-mazhab para imam dan para pemilik pemikiran, penyebar sunnah dan mazhab salaf di kalangan generasi yang datang belakangan.” {Radd al-Wafir (hal. 13)}

Ibnu Katsir berkata, “Beliau adalah Syaikh al-Hafizh al-Kabir, pakar Tarikh Islam, Syaikh al-Muhadditsin… Beliau adalah penutup syuyukh Hadits dan huffazh-nya.” [Al-Bidayah wa an-Nihayah (XIV:225)]

Tajuddin as-Subki berkata, “Beliau adalah syaikh jarh wa ta’dil, pakar rijal, seakan-akan umat ini dikumpulkan di satu tempat, kemudian beliau melihat dan mengungkapkan seja mereka.” [Thabaqat Syafi'iyyah Kubra (IX:101)]

An-Nabilisi berkata, “Beliau pakar zamannya dalam hal perawi dan keadaaan-keadaan mereka, tajam pemahamannya, cerdas dan ketenarannya sudah mencukupi daripada menyebutkan sifat-sifatnya.” {Ad-Durar Al-Kaminah (III:427)}

Ash-Shafadi berkata, “Beliau seorang hafizh yang tidak tertandingi, penceramah yang tidak tersaingi, mumpuni dalam hadits dan rijalnya, memiliki pengetahuan yang sempurna tentang ‘illah dan keadaan-keadaannya, memiliki pengetahuan yang sempurna tentang biografi manusia. Menghilangkan ketidak jelasan dan kekaburan dalam seja manusia. Beliau memiliki akal yang cerdas, benarlah nisbatnya kepada dzahab (emas). Beliau mengumpulkan banyak bidang ilmu, memberi manfaat yang banyak kepada manusia, banyak memiliki karya ilmiah, lebih mengutamakan hal yang ringkas dalam tulisannya, dan tidak berpanjang lebar. Aku telah bertemu dan berguru kepadanya, dan membaca banyak dari tulisan-tulisannya di bawah bimbingannya. Aku tidak menjumpai padanya kejumudan, bahkan beliau adalah faqih dalam pandangannya, memiliki banyak pengetahuan tentang perkataan-perkataan ulama, mazhab-mazhab para imam salaf dan para pemilik pemikiran.” {Al-Wafi bi al-Wafayat (II:163)}

DIANTARA PERKATAAN-PERKATAAN BELIAU

Imam adz-Dzahabi berkata, “Tidak sedikit orang yang memusatkan perhatiannya pada ilmu kalam, melainkan ijtihadnya akan membawanya kepada perkataan yang menyelisihi Sunnah. Karena itulah ulama salaf mencela setiap yang belajar ilmu-ilmu para umat sebelum Islam. Ilmu Kalam turunan dari ilmu para filosof Atheis. Barangsiapa yang sengaja ingin menggabungkan ilmu para Nabi dengan ilmu para ahli Filsafat dengan mengandalkan kecerdasannya, maka pasti ia akan menyelisihi para Nabi dan para ahli Filsafat. Dan barangsiapa yang berjalan di belakang apa yang dibawa oleh para Rasul… Maka sungguh ia telah menempuh jalan salaf, dan menyelamatkan agama dan keyakinannya.” {Mizan al-I’tidal (III:144)}

Beliau menukil perkataan Ma’mar, “Dahulu dikatakan bahwa seseorang menuntut ilmu untuk selain Allah, maka ilmu itu enggan hingga semata-mata untuk Allah.” Kemudian beliau mengomentari perkataan Ma’mar tersebut dengan mengatakan, “Ya, ia awalnya menuntut ilmu atas dorongan kecintaan kepada ilmu agar menghilangkan kejahilannya, agar mendapat pekerjaan dan yang semacamnya. Ia belum tahu tentang wajibnya ikhlas dalam menuntutnya dan kebenaran niat di dalamnya. Maka jika sudah mengetahuinya, ia hisab dirinya dan takut terhadap akibat buruk dari niatnya yang keliru, maka datanglah kepada niat yang shahih semuanya atau sebagiannya. Kadang ia bertaubat dari niatnya yang keliru dan menyesal. Tanda atas hal itu ialah bahwasanya ia mengurangi dari klaim-klaim, perdebatan dan perasaan memiliki ilmu yang banyak, dan ia hinakan dirinya. Adapun jika ia merasa banyak ilmunya atau mengatakan, ‘Saya lebih berilmu dari pada Fulan,’ maka sungguh celakalah ia.” {Siyar A’lam an-Nubala’ (VII:17)}

Beliau berkata, “Yang dibutuhkan oleh seorang hafizh adalah hendaknya bertakwa, cerdas, mahir Nahwu, mahir ilmu bahasa, memiliki rasa malu dan bermanhaj salaf.” {Siyar (XIII:380)}

Beliau berkata, “Ahli Hadits sekarang hendaknya memperhatikan Kutub as-Sittah, Musnad Ahmad dan Sunan al-Baihaqi. Dan hendaknya teliti terhadap matan-matan dan sanad-sanadnya, kemudian tidak mengambil manfaat dari hal itu hingga ia bertakwa kepada Rabb-nya dan menjadikan Hadits sebagai dasar agama. Kemudian ilmu bukanlah dengan banyak riwayat, tetapi ia adalah cahaya yang Allah pancarkan ke dalam hati, dan syaratnya adalah ittiba’ (mengikuti Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– –ed.), dan menjauhkan diri dari hawa nafsu dan kebid’ahan.” {Siyar (XIII:323)}

Beliau berkata, “Kebanyakan ulama pada zaman ini terpaku dengan taklid dalam hal furu’, tidak mau mengembangkan ijtihad, tenggelam dalam logika-logika umat terdahulu dan pemikiran ahli Filsafat. Dengan demikian, bencana pun meluas, hawa nafsu menjadi hukum dan tanda-tanda tercabutnya ilmu semakin nampak. Semoga Allah merahmati seseorang yang mau memperhatikan kondisi dirinya, menjaga ucapannya, selalu membaca al-Quran, menangis atas kejadian zaman, memperhatikan kitab ash-Shahihain dan beribadah kepada Allah sebelum ajal datang secara tiba-tiba.” {Tadzkirah al-Huffazh (II:530)}

KARYA-KARYANYA

Beliau memiliki sekitar 100 karya tulis, di antara karya-karya tulis itu adalah:

1. Al-’Uluww li al-’Aliyyil Ghaffar

2. Taariikh al-Islaam

3. Siyar A’laam an-Nubalaa’

4. Mukhtashar Tahdziib al-Kamaal

5. Miizaan al-I’tidaal fii Naqd ar-Rijaal

6. Thabaqah al-Huffazh

7. Al-Kaasyif fii man lahu Riwaayah fii al-Kutub as-Sittah

8. Mukhtashar Sunan al-Baihaqii

9. Halaqah al-Badr fii ‘Adadi Ahli Badr

10. Thabaqat al-Qurra’

11. Naba’u Dajjal

12. Tahdziib at-Tahdziib

13. Tanqiih Ahaadiits at-Ta’liiq

14. Muqtana fii al-Kuna

15. Al-Mughnii fii adh-Dhu’afaa’

16. Al-’Ibar fii Khabar man Ghabar

17. Talkhiish al-Mustadrak

18. Ikhtishar Taarikh al-Kathib

19. Al-Kabaair

20. Tahriim al-Adbar

21. Tauqif Ahli Taufiq fii Manaaqib ash-Shiddiq

22. Ni’mas Samar fii Manaaqib ‘Umar

23. At-Tibyaan fii Manaaqib ‘Utsman

24. Fath al-Mathalib fii Akhbaar ‘Alii bin Abii Thalib

25. Ma Ba’da al-Maut

26. Ikhtishar Kitaab al-Qadar li al-Baihaqi

27. Nafdh al-Ja’bah fii Akhbaar Syu’bah

28. Ikhtishar Kitab al-Jihad, Asakir

29. Mukhtashar Athraafi al-Mizzii

30. At-Tajriid fii Asmaa’ ash-Shahaabah

31. Mukhtashar Tariikh Naisabuur, al-Hakim

32. Mukthashar al-Muhallaa

33. Tartiil Maudhuu’at, Ibnu al-Jauzi

WAFATNYA

Beliau wafat pada malam Senin 3 Dzulqa’dah 748 H di Damaskus, Syiria, dan dimakamkan di pekuburan Bab ash-Shaghir.

[Sumber: Thabaqat asy-Syafi'iyyah al-Kubra, Tajuddin as-Subki (IX:100-116), Radd al-Wafiir, Ibnu Nashiruddin Ad-Dimasyqi (hal.31-32), Abjad al-'Ulum, Shiddiq Hasan Khan (III:99-100), dan Dzail Tadzkirah al-Huffazh (I:34-37)]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar